SELAMAT DATANG KEMBALI KE RUMAH ONLINE BARUKU

by - April 05, 2021

 

Sumber: Dribble

Ketika mempublikasikan postingan sebelum ini, salah seorang temanku menyarankanku untuk membeli domain sebagai bentuk kesungguhanku blogging. Setelah melewati berbagai pertimbangan, seperti menghitung biaya pembelian domain tahunan kalau di-break down menjadi bulanan akan menjadi berapa rupiah, aku akhirnya memutuskan membeli custom domain

Sesungguhnya for the longest time (kemungkinan sejak SMP waktu aku mengenal blog dan membuat blog untuk tugas pelajar TIK), aku memandang blog yang gak ada embel-embel blogspot itu keren banget! Namun karena dulu aku masih pelajar, belum menghasilkan uang sendiri, uang masih minta ke ortu, dan bahkan untuk uang saku pun yang kumiliki terbatas (hanya cukup untuk keperluan sehari-hari), aku lalu mengurungkan niat untuk memiliki domain sendiri. 

Sampai sekarang.

Ketika aku merasa harga domain untuk setahun akhirnya bisa terjangkau bagiku, aku akhirnya membeli domain

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah sebagai berikut:
1. Buka Setting Blogger.
2. Pada bagian Publishing, pilih custom domain.
3. Akan diarahkan ke halaman Google Domains. 


Di sini, kita bisa mencari domain apa saja yang kita inginkan sesuka hati. berhubung aku mencari domain yang sudah kubeli, maka domain tersebut sudah gak tersedia lagi. Harganya juga bervariasi, tergantung keamanan dan seberapa premium. Untuk pembayarannya sampai saat ini hanya bisa menggunakan kartu kredit. Sebelumnya aku mencoba menggunakan kartu debit dengan metode Direct Debit, tapi gak bisa. 

Setelah melakukan pembayaran, langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasikannya. Di sinilah muncul kejadian tak terduga yang sempat membuatku panik dan berkeringat. Aku gak bisa mengakses halaman domain-ku sendiri! Parahnya lagi, aku juga gak bisa mengakses alamat blogku juga. Ya ampun, aku sudah membayar uang segini tapi aku malah kehilangan blogku? Sulit dipercaya.

Tapi sisi lain diriku terus mengatakan, ini belum berakhir. Gak mungkin ini jalan buntu. Pasti ada yang terlewat olehku. Pasti ada yang belum aku lakukan. 

Jadi, setelah melakukan pembayaran, pada halaman Google Domains, kita akan diminta untuk melakukan konfigurasi blog dengan domain yang telah dibeli. Kita memasukkan alamat blog agar nantinya yang terbaca ketika mengakses domain yang telah dibeli tersebut adalah alamat blog kita. Kupikir itu saja sudah cukup bisa mengkoneksikan blog dengan domain

Ternyata kita juga harus mengkonfigurasikan domain dengan blog pada halaman Settings di Bloggers, nyaris melakukan hal yang sama pada bagian Publishing.


Pastikan redirect domain sudah berada pada posisi ON. Custom domain pun diisi dengan domain yang telah kita beli. 

Itulah sekelumit cerita tentang pengalaman pembelian domain di hari itu. 😀

Nah, sampailah kita di penghujung pos. Harapan ke depannya pada blog, hmm, websiteku ini adalah semoga bisa menjadi wadah berbagi informasi yang bermanfaat tempat sharing yang menyenangkan, dan dapat membantu sesama. Semoga aku juga jadi lebih semangat menulis lagi.

Selamat datang kembali ke rumah online ini. It feels like brand new.

You May Also Like

0 comments