PENGALAMAN REKRUTMEN ODP IT BANK MANDIRI

by - October 29, 2019

Sumber: Google


Di postingan kali ini aku mau berbagi cerita pengalamanku tentang proses rekrutmen ODP IT Bank Mandiri. Kenapa aku tulis? Salah satunya adalah karena masih minimnya cerita gimana sih pengalaman rekrutmen ODP Bank Mandiri khususnya untuk bidang IT. Kalau pengalaman rekrutmen untuk ODP General Bank Mandiri udah banyak kutemuin waktu aku sendiri sedang di fase proses rekrutmen sedangkan untuk proses rekrutmen ODP IT Bank Mandiri, aku ubek-ubek internet baru nemu 1 blog doang yang ceritain tentang pengalamannya waktu ikut seleksi rekrutmen ODP IT Bank Mandiri.

Nah, tujuan aku berbagi pengalaman ini gak lain gak bukan adalah sekadar sharing dan memberi gambaran tentang apa aja kira-kira prosesnya dan gimana aja prosesnya. 

Sebelumnya perlu juga diketahui apa sebenarnya yang memotivasiku untuk coba daftar di ODP IT Bank Mandiri ini. Jadi, awalnya aku sempat buka Linkedin dan lihat ada salah satu teman seangkatan yang udah kerja sebagai ODP IT Bank Mandiri. Dari situ aku mulai tertarik. Terus aku juga sempat ngikutin akun Instagram kating yang udah kerja sebagai ODP IT Bank BNI Syariah. Jadi semakin penasaran. Aku mulai cari-cari lowongan pekerjaan tentang ODP Bank. Targetku memang ingin kerja di perusahaan multinasional atau perusahaan BUMN atau PNS. Aku kurang minat sebenarnya kerja di start-up karena dari hasil kepoin highlightnya @srl789 tentang perbandingan kerja di korporat dan startup, banyak yang mengeluhkan jam kerja yang--okelah fleksibel, tapi itu berarti bisa di mana aja, bisa masuk hitungannya overworked atau lembur. Sedangkan aku lebih suka kerja yang udah jelas jamnya, semua udah terstruktur dan terorganisir. 

Namun dari awal sebelum baca topik diskusi itu, target awalku dari jauh-jauh hari memang ingin kerja di perusahaan korporat. Apalagi salah satu teman yang udah kerja di start-up juga cerita gak enak karena fleksibel itu dia kerjanya jadi gak kenal waktu. Yah, wassalam, aku makin gak tertarik lagi. Namanya preferensi mohon dipahami, yah. Kalau kalian gak setuju dan prefer kerja di start-up yah monggo. Kemarin waktu ikut workshop dunia kerja di fakultas, ada salah satu lulusan yang dapat kerja di Gojek. Dia bilang kalau masuk kantor jam 12 siang. Ngomong full English karena banyak orang India. Well, good for him dan siapa pun yang memang tertarik kerja dengan jam fleksibel. Semua kembali lagi ke preferensi masing-masing.

Cukup untuk prolog penyambung ke inti tulisan postingan ini. Jadi, waktu itu awal September kayak tanggal 2 September gitu deh aku lihat ada lowongan kerja ini di Kalibrr. Ngomong-ngomong sampai saat ini lowongannya masih buka lho. Silakan daftar kalau berminat. Deadlinenya masih bulan Desember. Sebelumnya kita harus isi form-form untuk CV di Kalibrr seperti: upload CV, tulis pengalaman kerja, pengalaman keaktifan, riwayat pendidikan, dan lain-lain.

Nah, terus tahapannya apa aja? 

1. Seleksi Administrasi
Begitu aku apply job, kira-kira aku nunggu seminggu sampai dapat pemberitahuan kalau aku lolos administrasi. Cara gimana bisa lolos seleksi administrasi ini gak ada yang tahu. Cuma pihak Bank Mandiri yang tahu. Yang penting kualifikasi umum udah memenuhi. Seperti umur, IPK, dan semacamnya yang udah jelas tercantum di lowongan kerja Kalibrr Bank Mandiri. Oh, ya sampai saat ini kayaknya belum ada syarat TOEFL minimal. Jadi gak perlu ragu untuk daftar. Daftar aja, semua #CobaAjaDulu. Kemudian setelah lolos seleksi administrasi nantinya akan dikirimkan email berupa link untuk mengerjakan psikotes. Waktu kerjain psikotes dikasih 2 hari. 

2. Psikotes
Psikotes Bank Mandiri ini bekerja sama dengan pihak ketiga yaitu SHL. Untuk latihan-latihan soal bisa klik di sini. Tesnya terbagi jadi 4 macam. Penalaran logika numerik, penalaran logika verbal, tes kepribadian, dan tes motivasi kerja. Penalaran logika numerik itu banyak dikasih tabel dan disuruh analisis tabel yang berisi data persenan gitu. Kalau penalaran logika verbal isinya seperti teks report kayak berita. 

Tipsrelax aja, biarkan pikiran kalian mengalir, gak usah tegang, kalau tegang malah gak nyantol dan gak cepat paham sama soalnya. 

Untuk tes kepribadian dan motivasi kerja sesuaikan aja sama kepribadian kalian, biarkan mengalir apa adanya.

3. Interview Final dan Presentasi
Bagian ini bakal panjang. 

Seminggu kemudian aku dapat email kalau aku harus menghadiri interview final dan presentasi. Nah, di sini bedanya sama ODP General. Kalau gak salah tahapan ODP General itu agak lebih panjang. Terus gak ada presentasinya (aku kurang tahu soal presentasi ini, CMIIW). Nah di ODP IT ini kandidat disuruh membuat ide bisnis terkait pengembangan produk/fitur/layanan yang kiranya bisa dikembangkan oleh Bank Mandiri.

Nah aku ada cerita lucu di sini. Jadi, aku kan dapat email pemberitahuan interview final ini Rabu tanggal 18 September. Tesnya hari Jumat. Kukira itu tanggal 20 September. Aku langsung cepat-cepat kerjain bahan presentasi. Untung pas dapat email dan disuruh buat ide bisnis itu aku langsung dapat ide. Jadi dalam waktu Rabu-Kamis itu aku ngebut ngerjain. Padahal Kamis ada jadwal ambil toga dan workshop dunia kerja, Jumat sore ada gladi bersih wisuda, Sabtunya sendiri Wisuda. Bayangin hectic dan padatnya jadwalku. Tapi alhamdulillah PPT untuk presentasi udah selesai. Jumat pagi jam setengah 7 aku udah di Mandiri University di gedung TP Surabaya. Aku berangkat bareng Papa naik motor. Aku sempat kenalan sama anak ODP General yang juga lulusan UB. Kami udah masuk di dalam ruangan rapat. Jam 8 ada pegawai masuk dan nyerahin formulir yang harus diisi kandidat. Aku tanya, "Mas ada yang buat ODP IT juga?" Mas pegawainya bingung. "Hah?" Katanya. "Coba buka emailnya." Aku langsung buka dan astaga! Aku salah baca tanggal. Jelas-jelas di email tulisannya tanggal 27 September, bukan 20 September. Aku langsung keluar dengan muka malu (wkwk), naik Gojek ke kantor papaku karena motorku dibawa papaku. Trus pulang ke rumah deh. Sampai rumah siap-siap bentar terus langsung ke Malang buat hadirin FGA dilanjut gladi bersih wisuda. Fiuh melelahkan gak sih harusnya? Tapi entah kenapa aku menikmati hari itu. 

Oh, ya terus gimana akhirnya waktu tanggal 27 September? Aku datang lagi untuk kedua kalinya ke Mandiri University. Ketemu 2 kandidat lain. Salah satunya dari ITS. Satunya lagi ternyata lulusan TIF UB. Jam setengah 9 Mas pegawai yang sempat kutemui minggu lalu datang lagi bawa formulir yang harus diisi kandidat. Kami ngisi dan ada waktu kira-kira setengah jam sampai jam 9 kemudian ada 3 interviewer datang. Aku mengenali wajah salah seorang dari mereka karena, well, aku udah cek Linkedin beliau. Nama beliau juga ada di BCC email. Beliau lah interviewer dari HRD. 2 sisanya adalah orang-orang dari bagian IT. Semuanya bapak-bapak. Aku dapat urutan 2 untuk presentasi dan interview.

Sembari nunggu giliran, kami disuruh mengisi tes SHL lagi sebagai bentuk verifikasi untuk memastikan kalau psikotes online yang kami lakukan itu benar-benar kami kerjakan sendiri. Bagian ini juga jadi penentu. Karena kata bapak HR kalau walaupun interviewers udah setuju mau ngelolosin kandidat tapi hasil verifikasi SHL gak sesuai sama psikotes online, bisa-bisa gak lolos. Nah, tes belum selesai tapi aku langsung sadar ada 1 soal yang ketahuan salah jawab. Rasanya belum-belum udah berantakan. Udah deg-degan aja. Kacau deh.

Setelah kandidat nomor 1 (anak lulusan ITS) selesai, aku langsung tanya, "Gimana tegang gak?" Dia jawab, "Aman. Pada santai kok orang-orangnya. Kaya ngobrol biasa." Tapi tetap aja jawaban dia gak sanggup nenangin jantungku. 

Akhirnya tiba giliranku nomor 2. Aku masuk  ke dalam ruangan yang lebih seperti ruangan rapat namun gak terlalu besar. Ada 1 meja memanjang  berbentuk oval dan 1 proyektor di sana. Formasi duduk para interviewer itu gini: interviewer user, interviewer HR, dan interviewer user. 

Orang yang pertama kali ngomong adalah bapak HR. Beliau bilang yang intinya, "Tenang aja. Gak usah tegang. Kita kayak ngobrol biasa, saling sharing." Dan bener aja. Sampai akhir sesi interview, benar-benar santai dan mengalir. Seperti ngobrol dan cerita-cerita. Tapi kita harus tetap waspada, karena di balik kesantaian itu, bisa aja ada jebakan batman yang membuat kita terlalu nyaman dan menyampaikan hal-hal yang sebenarnya gak perlu kita sampaikan. 

Aku keceplosan sekali menyampaikan hal yang gak seharusnya kubeberkan. Jadi waktu itu Bapak HR tanya, "Ini IPK-nya sekian, cumlaude gak?"

Kujawab, "Enggak, Pak. Soalnya ada C+ nya." 

"Oh matkul apa itu yang ada C+ nya?"

Bodohnya aku malah jawab "Matematika komputasi, Pak." yang merupakan matkul penting. Kenapa aku bilang bodoh karena setelah beberapa waktu kemudian Bapak HR bilang, "Ini kalau kami tempatkan di developer, mau ya?"

Ya aku jawab, "Iya, siap, Pak." tanpa pikir panjang karena semua tips wawancara pun kalau ada pertanyaan semacam gitu harus jawab dengan tegas dan menunjukkan kalau kita bersungguh-sungguh. 

Eh, tapi kemudian Bapak User bilang, "Lah tadi kamu bilang Matkom dapat C+. Puyeng kamu kalau suruh ngoding kalau bukan passionnya."

Dan aku pun ber-he-he-he-he. Dalam hati wah udah dinoted aku ini paling. 

Masih dari Bapak User yang sama, sambil megang CV-ku, Bapaknya bilang, "Ini kalau dilihat dari CV kayaknya kamu orangnya suka ngereview ya."

Spontan aku jawab, "Hehe iya pak, saya suka nulis."

Satu waktu sama Bapak User yang sama ditanya, "Bank kamu pakai apa sekarang?"

Aku jawab, "BRI, Pak." 

"Berarti pakai BRI Mo?"

"Iya, Pak."

"Yang baru?"

Aku malah balik tanya, "Oh, ada yang baru Pak?" 

"Lho gak tahu? Ada yang baru." Terus buka ponselnya dan nunjukkin aplikasi BRI Mo yang baru.

"Oh, saya masih pakai yang lama, Pak."

"Nah, menurut kamu gimana perbandingan aplikasi yang lama dan yang baru?"

Ya udah aku jelaskan sedemikian rupa dari hasil yang kutahu dan kupelajari daru matkul Dasar Interaksi Antarmuka Pengguna, Interaksi Manusia Komputer, improvisasi gitu deh, kalian pasti juga bisa. Bapak User terus mengangguk-angguk dan bilang, "Betul juga." Aku nyimpulkan reaksi seperti itu adalah pertanda bagus. 

Nah, itu tadi sekilas pertanyaan-pertanyaan inti.  Kira-kira apa aja pertanyaan-pertanyaan lainnya? Sebenarnya banyak pertanyaan yang dari CV. Jadi seperti kroscek atau minta diceritain ulang.
  • Perkenalan dalam bahasa Inggris. Kalau bisa sudah dilatih dan siapkan apa aja yang bakal diomongin di poin ini. Jangan bertele-tele. Singkat, padat, dan jelas.
  • Dilanjut presentasi terkait ide bisnis/produk/layanan untuk Bank Mandiri
  • Apa saja pengalaman selama kuliah?
  • Apa saja yang dilakukan selama magang? Karena magangku soal Audit IT, aku jelaskan aku ngapain aja selama magang, benar-benar ceritain runtut dan detail. Malah rasanya user interviewer banyak tanya ini daripada topik skripsiku. Haha.
  • Apa pencapaian terbaik? Di sini aku jawab aku pernah jadi asisten laboratorium Analisis dan Desain Sistem Informasi (ADSI). Aku jelaskan kalau aku sudah bercita-cita untuk jadi asprak sejak semester 4 (diajarkan matkul ADSI). Jadi, dari sini diharapkan para interviewer tahu kalau aku akan berusaha keras mencapai cita-citaku. Aku juga ingin menjual kemampuanku di ADSI ini. Jadi aku selalu mention bolak-balik. Haha. Yah, ini disesuaikan dengan kondisi kalian. Apa yang paling menonjol dari kemampuan kalian? Semua topik coba arahkan ke situ.
  • Apa yang dikerjakan selama tugas akhir/skripsi?

Yah, itu saja sebenarnya. Terus kalau bisa jelaskan kalian di kuliah itu ngapain aja. Karena selain nonjolin kalau aku ada kemampuan/interest/pernah belajar audit TI dan ADSI, aku juga banyak jelasin terkait konsep UX, UI, interaksi manusia dan komputer, dasar desain antarmuka pengguna, manajemen proyek SI, semua deh aku jabarin. Biar mereka tahu kita itu paham dan tahu tentang apa aja. 

Oh, ya, sebelum pulang, para kandidat dikasih lunch box dari Hoka Bento lho. Lumayan dapat makan gratis.

Setelah tahap ini selesai, kusarankan doanya dikencengin yah. Karena faktor ini juga (menurutku) penentu. Hehe. Aku merasa gak yakin lolos di sini karena aku ada menyebutkan kalau nilai aku banyak yang C+, salah satunya aku sebut terang-terangan kalau Matematika Komputasi dapat C+. Aku juga tahu aku salah 1 waktu ngerjain SHL. Tapi ingatlah keajaiban doa itu selalu ada.

Oh, iya, kalau selama kuliah kalian pernah belajar tentang arsitektur sistem dan pakai framework TOGAF, bisa tuh kalian jual pas sesi final interview. Siapa tahu kan kalian gak gitu suka ngoding, kalian bisa tonjolkan sisi kalian yang lain, karena di Bank Mandiri ada divisi/departemen terkait arsitektur sistem dan framework yang mereka pakai TOGAF. Sebenarnya gak cuma TOGAF aja, apa pun itu yang kalian rasa pernah kalian pelajari dan bisa buat harga kalian naik, utarakan aja.

4. Medical Test
Jadi setelah Jumat menjalani sesi interview, Senin di minggu selanjutnya aku dapat email kalau aku diharuskan mengikuti MCU. Untuk MCU ini Bank Mandiri kerja sama dengan Kimia Farma. MCU langsung diadakan keesokan harinya, alias hari Selasa. Tenang aja, alamat MCU Kimia Farma udah tertera kok di email. Pegawai-pegawai Kimia Farma ramah-ramah banget. Gak akan merasa tegang. Bakal ngerasa aman dan nyaman. Aku sempat tanya berapa lama proses kerja tes ini. Kata pihak Kimia Farma butuh 3 hari kerja sebelum akhirnya dikirim ke pihak Bank Mandiri.

Apa aja tahapan MCU?
  • Tes diambil darah
  • Tes urin
  • Tes USG rontgen dada
  • Tes kesehatan yang terdiri dari (cek TB, BB, buta warna, mata minus atau gak, telinga, riwayat penyakit keluarga, ambient, dan tes stetoskop). Waktu distetoskop perutku kerucuk-kerucuk sampai ditanya apa belum makan. Padahal udah. Haha. 

5. Offering Letter
Setelah menunggu seminggu berlalu, aku cek hari Senin kok gak ada e-mail sama sekali. Mulai sedih, ciut nyali, dan galau. Tapi ternyata waktu hari Selasa pukul 11 siang aku cek e-mail, aku langsung baca tulisan 'JADWAL OFFERING LETTER' di subject e-mail. Alhamdulillah. 

Jadwal offering letter diadakan dua minggu setelahnya di Jakarta Selatan. Untuk pengalaman ini dan selanjutnya mungkin akan aku taruh di pos tersendiri karena aku rasa untuk pengalaman rekrutmen sampai saat ini sudah cukup.

So, gimana dengan kalian? Kalau tertarik, kuy daftar. Pendaftarannya masih dibuka sampai Desember 2019 lho. Daftar lewat Kalibrr ya. Semangat untuk kalian! Sukses selalu.

Update:

Selama aku mengikuti program pelatihan ODP, banyak di antara kami yang merasa khawatir akan ditempatkan di posisi mana. Perlu diketahui, secara umum di direktorat TI Bank Mandiri dibagi menjadi beberapa grup: Grup yang mengurusi strategi TI, infrastruktur TI, pengembangan TI, dan supporting TI. Apa yang kalian jual di CV dan interview final lah yang menentukan posisi kalian nanti di mana.

Jadi, masih ingat kalau aku suka perencanaan sistem informasi dan review? Well, di situlah posisi aku sekarang. Begitu juga dengan posisi teman-teman sekelasku yang seangkatan. Mereka ditempatkan di posisi yang sama seperti mereka jual di CV dan interview final. Jadi kalau kalian punya preferensi sendiri terkait posisi kalian ke depannya, maka benahi CV dan interview final sesuai preferensi kalian, ya!

Update 24 Juli 2023:
Terdapat pembaruan dalam proses rekrutmen ODP IT Bank Mandiri. Nantikan postingan terbarunya segera, ya!

You May Also Like

59 comments

  1. "...kira-kira aku nunggu seminggu sampai dapat pemberitahuan..."

    Beneran seminggu sejak unggah dokumen dan jawab pertanyaan di Kalibrr kak? Aku hampir seminggu juga belum ada respon..

    ReplyDelete
  2. Hai, yes aku ingat sekitar seminggu itu kira2 gak ada sampai 14 hari, aku mulai aktif apply akhir Agustus 2019 (tgl 20 ke atas) sampai awal September. Aku ingat apply Bank Mandiri baru awal September. Aku dikirim email untuk ikut tes SHL tanggal 12 September 2019. Tanggalnya aku lupa, aku coba trace kapan aku apply di Kalibrr udah gak bisa nampilin tanggal pasti aku apply, yang pasti 7 bulan lalu. Semangat ya, bisa jadi karena memang lagi ada wabah Corona ini, aktivitas rekrutmen juga agak lama. Coba apply loker lain juga. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, waktu presentasi ide bisnis dulu ada ketentuannya atau bebas? Misal biaya total dan standar kompetensi SDM?

      Delete
    2. Bebas. Yang penting gimana ide bisnisnya, paham alur dan ide yang dibuat. Ide bisnis itu gak melulu soal biaya total atau standar kompetensi SDM. Seperti yang udah aku jelasin di postingan, ide bisnis ini berkaitan tentang pengembangan bisnis/fitur/produk/layanan. Sekarang lihatnya dari sisi IT, karena kita daftar khusus ODP IT, jadi buat presentasinya sebisa mungkin jg dari sisi IT. Buat seperti tugas2 proyek selama kuliah yg berkaitan ttg IT tapi ranahnya bisa diterapin di perbankan. Sesimpel itu. Gak perlu muluk2 sampe ngitung biaya total atau standar kompetensi SDM.

      Delete
    3. Ok kak thank you... Btw udah dua minggu belum ada respon di Kalibrr. Semoga pandemi cepat berlalu haha

      Delete
    4. Respon untuk kerjain SHL? Kalau kerjain SHL langsung diinfokan di e-mail. Semua tahapan info mulai dari kerjain SHL sampai tahap offering letter diinfokan di e-mail. Nanti kalau udah diterima baru di Kalibrr statusnya berubah. Selama belum ada kata direject, ditunggu aja ya sambil apply loker-loker lain. Mangats. ^^

      Delete
  3. halo kak, mau nanya bedanya ODP general aja sama ODP untuk wholesale banking apa ya?
    bisa di jelasin ngak kak secara detail? yang lebih bagus yg mana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau baca betul-betul di website karir Bank Mandiri pasti tahu perbedaannya. Target segmen penempatan pun sudah dijelaskan secara gamblang. Gak ada yang lebih bagus. Semua sama-sama bagus asal niat menekuni pekerjaan. Selamat mencoba!

      Delete
  4. klo untuk pegawai yg bukan dari under mandiri bagaimana jenjang karirnya? apakah bisa ke under mandiri? dan brp lama harus nunggu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja ngelamar, mau lamar jalur ODP juga bisa, mau lewat jalur pro hire juga bisa. Sesuaikan aja sama syarat kualifikasi yang diminta dan cek di website karir Bank Mandiri, sudah jelas. Jika sudah ditetapkan jadi pegawai tetap Bank Mandiri pasti ada jenjang karirnya, sudah jelas juga. Jalur ODP dan pro hire beda tingkatan grade dan jabatan, sudah jelas juga. Berapa lama nunggu? Wah saya gak tahu, bukan bagian HC.

      Delete
    2. saya ngelamar di bagian admin kredit di bank mandiri dan udah sampe tahap final interview, pd saat final interview saya sempat nanya, saya di jalur rekrutan mana? terus di jawab dri jalur pelaksana, dan pd saat hasil final interview di umumkan saya ternyata dikasih tau untuk ikut bergabung di salah satu vendor bank mandiri(pihak ketiga) bukan rekrutan dri jalur pelaksana, apakah hasil final interview berpengaruh terhadap jalur rekrutan calon karyawan?

      Delete
    3. Waduh kurang tahu saya kalau seperti itu, bukan orang yang kerjanya di bagian HC, gak bisa ngomong banyak karena bisa jadi salah. Pertanyaan terkait apakah hasil final interview berpengaruh terhadap jalur rekrutan calon karyawan? Hm mungkin bisa jadi iya, bisa jadi tidak. Contohnya, teman saya ada yang daftar jalur ODP general, tapi setelah masuk, pindah ke ODP IT. Mungkin dilihat dari kualifikasi yang memungkinkan untuk masuk ke IT. Kalau masuk ke pihak ketiga (vendor) itu berarti bukan bagian dari Bank Mandiri ya. Jadi kalau jenjang karir ikutnya ke perusahan vendor. Tapi ada banyak juga pegawai vendor yang ditarik jadi pegawai Bank Mandiri. Mungkin dilihat kinerjanya bagus, jadi ditawari untuk bergabung dengan Bank Mandiri.

      Delete
  5. lumayan cepet yah prosesnya kak, ane malah dari awal anter lamaran tgl 17 juli 2019 sampe skrg baru tahap pengumpulan berkas setelah MCU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi maksudnya sudah sampai tahap pertama administrasi submit by Kalibrr atau sudah sampai tahap MCU? Kalau sudah melakukan MCU menunggu sekitar seminggu sampai pengumuman selanjutnya keluar.

      Delete
    2. saya sdh melakukan mcu dan diminta untuk melengkapi berkas-berkas juga tapi belum sampai ke tahap offering letter

      Delete
    3. Ini tahun lalu Juli 2019? Melengkapi berkas-berkas mengisi formulir ms. Excel dan foto ya?

      Delete
  6. Kak, mau tanya dong. Kan kalau udah lolos buat ODP, ada pendidikan di kelas dan dilanjut dengan OJT. Setelah itu, jika telah dinyatakan lulus pendidikan, barulah diangkat menjadi karyawan tetap. Nah, apakah biasanya semua peserta itu pasti lulus pendidikan? Jika ada yang tidak lulus, biasanya karena apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah OJT blm jadi karyawan tetap. Pendidikan di jelas 3 bulan (yg terdiri dari 2 bulan di kelas, 1 bulan OJT cabang), setetah itu OJT di penempatan masing slm 3 bulan. Lalu 6 bulan PKWT. Trs ada tes lagi di akhir PKWT, presentasi yg topiknya dari apa yg telah dipelajari. Setelah itu baru ditentukan lulus ODP atau gak. Bisa gak lulus kalau gak niat ngejalanin programnya.

      Delete
  7. Thank you Fiera Rani, inspiratif buat teman2 fresh graduate...mudah2an tahun depan ODP IT Bank Mandiri buka kembali....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak Pak Deka sudah mampir ke blog saya! :)

      Delete
  8. Hai kak,
    Mau nanya kira2 utk tahapan ODP WholeSale Banking apakah ada presentasinya ya? Dan utk ODP itu sndiri alangkah baiknya kita utk menyertakan sertifikat TOEFL kah? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, saya kurang tahu terkait rekrutmen ODP Wholesale karena di angkatan saya hanya ada General dan IT. Utk General kalau tidak salah dengar ada yg mengharuskan mempresentasikan sesuatu ada yang tidak. Bisa jadi utk Wholesale ada presentasi tapi temanya disesuaikan. Untuk sertifikat TOEFL opsional, bisa dilampirkan atau tidak. Kalau saya kemarin hanya menuliskan saja di CV saya terkait skor TOEFL. Namun untuk jaga2 saya tetap memabawa sertifak TOEFL beserta sertifikat2 lainnya saat interview in case dibutuhkan.

      Delete
  9. Haloo Kak Fiera, saya ingin bertanya.

    Saya daftar ODP IT dari bulan november melalui kalibrr, setelah itu pada awal desember kemarin saya mendapatkan sms dan email untuk mengerjakan tes pada SHL dan sudah saya kerjakan. Lalu ini saya belum dapet info lolos tidaknya, kira - kira itu bagaimana ya kak? statusnya di kalibrr application is being reviewed.

    Terima Kasih Kak Fiera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, apakah sampai sekarang belum dapat balasan? Utk lolos atau tidaknya, saya kurang tahu juga yah apakah akan ada pemberitahuannya melalui email. Bisa sambil cari-cari loker lainnya dulu juga yaaa. Karena waktu tiap orang beda2. Ada yang cepat dalam seminggu dapat pemberitahuan utk ikut tes selanjutnya, ada yang butuh sebulan atau lebih.

      Delete
  10. Untuk masalah penempatannya gimana ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, untuk ODP IT, kemungkinan besar penempatannya di Jakarta, bisa di Plaza Mandiri (jalan Gatot Subroto), Menara Mandiri (Jalan Sudirman), atau di daerah Slipi.

      Delete
  11. Terimakasih kak untuk sharingnya! Aku kebetulan lolos ke tahap final interview ODP IT. Kira2 pertanyaannya bakal teknis banget ga ya kak? Soalnya aku bukan dari jurusan IT tapi masih related field. Terus kira2 batch selanjutnya kapan ya kak? Makasih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Wah, selamat, goodluck untuk tahapan selanjutnya. Waktu sesi interview, pertanyaannya lebih banyak bedah CV ya. Interviewer juga berusaha memahami apa yang kamu sajikan di presentasi kamu. Apa yang kamu jual di CV, presentasi, sampai penjelasan oral kamu lebih suka mendalami bagian IT apa (analis, big data, programming, planning) nantinya akan menentukan penempatanmu. Oh, ya, gak harus lulusan IT untuk bisa masuk ODP IT. Ada Statistik dan Teknik Geologi yang bisa masuk ke ODP IT selama waktu kuliahnya ada pelajaran terkait IT (programming, big data). Banyak juga lulusan non IT seperti Statistik dan Teknik Geologi yang masuk jalur ODP IT. Ada juga lulusan Matematika yang ditempatkan di bagian pengolahan data-data dan big data. Untuk batchnya aku udah gak ngikutin lagi sampai berapa. 190-an kalau tidak salah.

      Delete
    2. Hi kak, bener interviewnya ngga terlalu fokus sama teknis ide fiturnya, cuma diajukan beberapa pertanyaan dan sisanya lebih banyak tentang menggali info tentang saya. Kebetulan interviewnya sama 2 head department dan sepertinya 1 vice president (kalau lihat di linkedin hahaha). And at the end ditanyain emang minatnya ke bagian apa, waktu itu aku jawabnya prefer backend. It was a great experience tho. Berharap banget bisa lolos sampe akhir :") kalau ternyata bisa bertahan sampe akhir, may I reach you through Linkedin? Hehehe

      Delete
    3. Hai! Keren banget! Wah, masih inget siapa namanya 2 head departent dan vice president itu? Good luck ya. Feelingku kamu bakal keterima deh. ;) Boleh, send request aja.

      Delete
  12. hallo kak, makasih banyak sharing blognya sangat bermanfaat.. btw mau tanya kak, gimana cara kaka bisa secepat itu punya ide bisnis yg akan di presentasikan? apakah baca2 dari buku atau memang kaka sdh punya basic bisnis kak? mohon pencerahannya kak terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah berkunjung, semoga membantu dan mendapat pencerahan setelah membaca pengalaman rekrutmen aku, yah. Ide bisnis gak datang secepat itu kok. Sebenarnya ide ini datang karena merupakan salah satu pain point ketika bertransaksi menggunakan e-banking. Ide bisnis ini gak mesti harus sempurna dan berskala besar, tapi bisa juga dari sekadar pengembangan fitur, penambahan fitur, perbaikan aplikasi, dan semacamnya. Bebas, yang penting bisa berkaitan dengan IT. Kalau dari Statistika, misal, bisa kembangin ide gimana sortir data lebih efisien atau dari data-data yang ada bisa diolah hingga bisa kasih insight baru yang bermanfaat untuk perusahan yang siapa tahu bisa jadi ide produk. Ide presentasinya bebas banget yang kiranya bisa jadi nilai jual atau nilai tambah perusahaan jika diimplementasikan. Tapi di presentasi gak akan ditanya manajemen risiko atau mitigasinya, perhitungan strategisnya kok, jadi masih sekadar ide dan flownya ide bisnis akan seperti apa. Itu yang lebih digali sama interviewer.

      Delete
  13. Halo kak kalo buat odp yg skrng panggilan buat test mcu itu brp lama ya dari final interview? Mohon jawabnya ya kak kemaren soal baru beres final tgl 5

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, untuk panggilan test mcu hanya tim rekrutmen yang tahu, tidak patokan yang pasti terkait ini. Ditunggu saja sambil apply loker lain. Sebelum MCU lolos, belum sepenuhnya diterima di Bank Mandiri.

      Delete
  14. Halo kak, apa ada kasus yang peserta gagal saat tahap MCU?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, pasti ada aja. Tapi penyebab gagalnya gak ada yang tahu karena gak dikasih tahu alasannya sama pihak tim rekrutmen.

      Delete
    2. Kalo gigi berlubang bakal masalah ga kak? Terus jika ga lolos tetap ada pemberitahuan kan? Habisnya aku sering di ghosting recruiter hehe

      Delete
  15. halo kak, berdasarkan pengalaman kakak apakah mungkin pengumuman lolos final interview lebih dari 2 minggu? karena saya sudah interview tgl 3 Maret dan masih menunggu pengumuman.. makasih ka

    ReplyDelete
  16. hai siang ka, aku fresh graduate nih bener2 bingung sama kalibr. aku sebelumnya pernah apply di bank mandiri via kalibr tanpa mengerjakan skill test. itu ngaruh ngga ya? karena aku gaada panggilan sejak apply 3 bulan lalu. boleh kasih tips apply job via kalibrr ga ka? minimal biar lamaran kita diliat hr gitu. karena lamaranku bahkan gaada notif diliat. thankyou kaa(:

    ReplyDelete
  17. Halo kak, salam kenal yaa
    Terimakasih ka sudah berbagi pengalaman!
    Btw aku juga dri jurusan statistika msih bingung kak mau ikutan odp general atau odp IT. Kaka lebih prefer kemana ya buat jurusan statistika?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal. Untuk jurusan statistika coba aja ODP IT. Banyak lulusan statistika yg jd ODP IT di sini. Good luck ya!

      Delete
  18. halo kak salam kenal yaa.
    aku mau tanya kak, kira2 perbedaan dari odp general, it dan wholesale banking dari segi tujuan, visi misi, dan tugas masing2 dari ketiga odp tersebut apa ya? terimakasih sebelumnya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, salam kenal. Untuk visi, misi, tujuan, dan tugas secara detailnya saya kurang tahu karena bukan orang HC. Tapi kalau kamu cek di https://www.bankmandiri.co.id/career bagian ODP dan diarahkan ke loker Kalibrr, kamu bakal nemuin perbedaan penempatan mereka. ODP general pada dasarnya bersifat umum, bisa ditempatkan di mana aja, bisa di kantor cabang, kantor pusat, kantor wilayah sampai area. ODP IT dan Wholesale banking bersifat lebih khusus hanya di bidang tertentu aja.

      Delete
  19. Halo, salam kenal kak. Pengalaman yg kakak tulis bermanfaat bangettt buat aku belajar buat test ODP IT Mandiri ini. Alhamdulillah, aku udah sampai tahap MCU, kalau boleh tau dan berkenan untuk menjawab, kakak kemarin MCU nya pakai dana pribadi atau dari pihak Bank Mandiri nya ya yg mendanai? Terimakasih banyak kak. Have a nice day, semoga lancar juga kegiatan ODP nya ya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, salam kenal juga. Alhamdulillah, senang bisa membantu! ^^ Utk tahap MCU gratis, semua ditanggung Bank Mandiri. Kita datang aja, trus bilang dari Bank Mandiri, nanti akan diminta mengisi form. Untuk hasilnya kira2 menunggu 3 HK sebelum disubmit ke Bank Mandiri. Kita gak akan diinfo apa2 terkait hasil MCU ini. Kira2 seminggu setelah MCU, kemungkinan akan diemailkan ke kita kalau lolos. Kalau gak lolos kurang tahu juga mekanismenya apakah akan diinfokan atau tidak. Semangat ya! Semoga lolos MCU! See you dan sukses selalu.

      Delete
  20. halo kak, mau bertanya terkait dengan MCU odp IT, general, ataupun wholesale banking apakah tetap bisa lolos dan tetap diperbolehkan jika buta warna parsial?

    ReplyDelete
  21. Halo kak mau tanya, waktu angkatannya kakak kmrn, itu yang di terima di odp it ada berapa orang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Waktu itu di angkatanku ada 42 orang untuk yang diterima di ODP IT.

      Delete
  22. Kak mau tanya, kan di kalibrr setelah melengkapi profil disuruh utk upload CV. Nah di file yg di upload itu CV saja apa beserta surat lamaran kerja dan persyaratan lain kak?

    ReplyDelete
  23. Hallo kak mau tanya, kemarin waktu presentasi inovasi apakah full pake english ka? dan ada tips ngga kak apa saja yg harus disajikan dalam ppt? poin2 apa saja gitu yg harus di paparkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Waktu presentasi pakai Bahasa Indonesia. Yang Bahasa Inggris hanya waktu perkenalan saja. Untuk tips PPT seperti biasa, gimana ringkas, padat, dan gak banyak tulisan. Terdiri dari latar belakang, cara penyelesainnya, dan penutup.

      Delete
  24. Halo kak, untuk Cv nya itu pake b. Inggris atau Indonesia ya?

    ReplyDelete
  25. Hallo kak fieraa, aku alhamdulillah lolos psikotest dan harus presentasi bulan depan. Tapi bingung banget mau mulai bikin pptnya dari mana :(
    Apakah ada tips dan saran kak?
    Oh iya kak, pengembangan digital fitur itu adalah produk yg akan dijual atau produk untuk internal? Aku agak bingung research produknya darimana, kekurangannya apa, dll.
    Terima kasih, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Selamat ya. Semoga lolos sampai tahap akhir dan diterima. Good luck! Ide untuk PPT terkait tema pengembangan digital fitur ini sama seperti yang sudah aku jelaskan di postingan ya: berupa ide bisnis digital yang kiranya bisa diterapkan di perbankan untuk menghadapi tantangan era digital. Apa aja yang bisa jadi digital (Sesuai tagline Bank Mandiri). Researchnya bisa kamu lihat, amati kira2 org/user itu butuhnya apa agar memudahkan. Kalo dari produk Livin, misalnya, itu masih kurang apa menurutmu, menurut orang2, nah itu bisa jadi saran perbaikan. Atau kamu punya ide produk baru yg kiranya bakal oke diterapkan di perbankan khususnya BM. Sesimpel kayak gitu aja kok.

      Delete
  26. halo kak fiera, kak maaf mau nanya nih, saya baru dapat email dari SHL untuk melanjutkan tes nalar, numerik dll. di email tertera saya dalam proses seleksi ODP PT Bank Mandiri. sedangkan seingat saya pada akun kalibrr saya, lamaran saya yang terkirim itu pada posisi bank staff dan untuk posisi ODP itu belum saya lanjutkan untuk menyelesaikan pelamarannya (application incomplete) di Kalibrr itu sendiri. Bagaimana ya menurut kak fiera apakah saya lakukan saja tes SHL yang telah dikirim ke email saya? Terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai ikut aja siapa tahu lolos ODP. atau kalau bingung balas aja emailnya langsung itu dan tanyakan yang kamu tanyakan ke saya ini ke mereka.

      Delete
  27. Halo kak, mau tanya kalau dari pengalaman kakak ketika sudah tahap medcek apa ada yang tidak lulus? terimakasih

    ReplyDelete