NEW REBORN BLOG

by - January 04, 2017



Sebelumnya aku sempat menggunakan blog berplatform Blogspot sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan Wordpress karena kupikir template yang disediakan Wordpress lebih bagus. Setahun kemarin aku sempat menyerah untuk mencari template blog berplatform Blogspot yang minimalis. Aku sudah mencari ke sana ke mari tetapi semuanya tidak sesuai yang kuinginkan. 

Namun karena aku terlalu sayang dengan semua postingan yang pernah aku buat di Blogspot, aku memutuskan untuk membuat blog ini menjadi private sehingga tidak semua orang bisa melihat blogku. Aku merasa masih memiliki harapan suatu hari kalau aku bisa membuat atau menemukan template yang minimalis seperti yang kuinginkan selama ini dan akhirnya keinginan itu terwujud! Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada keajaiban ini. Yah, memang benar seperti kutipan yang pernah kudengar berbunyi:


Keajaiban adalah kata lain dari kerja keras.
Tapi aku tidak merasa aku sudah bekerja keras. Kemarin aku memutuskan untuk membenahi ulang blogku berplatform Blogspot ini. Dengan secercah harapan karena iseng mencari buku puisi Aan Mansyur yang membimbingku menuju blog seseorang yang tampak bersih dan minimalis hanya dengan menggunakan template sederhana bawaan Blogspot. Dari situlah, semangatku timbul. Aku juga banyak bertanya kepada temanku yang memiliki sense of design yang bagus untuk memastikan kalau desain templateku sudah enak dipandang. Dan aku harus katakan aku cukup puas dengan hasil kerjaku walaupun masih ada beberapa hal yang masih harus aku lakukan agar tampilan blogku terlihat lebih menarik. 

Blog minimalis menurutku adalah blog yang memiliki latar belakang putih, tidak terlalu banyak widget dan iklan yang mengganggu, menyediakan white space yang pas sesuai porsinya, serta menggunakan pilihan font bentuk light maupun cursive seperti yang sedang menjadi tren saat ini. 

Berbekal dari pelajaran yang kudapat dari mata kuliah Dasar Desain Antarmuka Pengguna yang kujalani selama satu semester, aku menata ulang template blogku. Awalnya aku sempat bingung bagaimana mengimplementasikan kode html dan css yang kupelajari di kelas ke dalam realitanya sekarang. Semuanya jelas-jelas berbeda. Rasanya seperti terjun payung. Karena semua kelas-kelasnya sudah disediakan dari template bawaan Blogspot, aku agak kebingungan menemukan kelas-kelasnya. 

Semua kode html, css, dan javascript yang kugunakan tidak lepas dari hasil browsing sana sini. Untungnya semuanya ada. Semuanya jadi terlihat lebih jelas sekarang. Aku semakin mengerti seluk-beluk kode html, css, dan javascript. 

Sedari kemarin hingga pagi ini, pikiranku tidak bisa lepas dari template blog. Aku sampai tidur pukul 12 malam dan temanku yang kuajak berdiskusi tentang desain sampai bilang, "Ingat besok ujian jam sepuluh pagi, lho." dan aku mau tidak mau harus berhenti barang sebentar. Selepas ujian pukul dua belas siang pun aku langsung menghampiri laptopku dan mulai mengedit hingga pukul lima sore. Benar-benar melelahkan tapi menyenangkan.

Semua ide untuk judul header blog, judul gambar pada widget, dan profil pengguna sebenarnya sudah ada terlebih dahulu. Aku tidak memikirkan desainnya dalam waktu semalam kemarin itu. Selama satu semester mempelajari mata kuliah Dasar Desain Antarmuka Pengguna, semua mahasiswa diberikan proyek akhir untuk membuat desain template blog. Saat itu aku berpikir kenapa tidak sambil menyelam minum air? Aku akan membuat desain template blog pribadi yang nantinya bisa aku implementasikan ke blogku ini.

Aku sempat berpikir untuk membeli template blog premium tapi harganya terlalu mahal ketimbang membuat sendiri. Aku berpikir akan jadi sia-sia aku membeli template blog premium kalau aku saja belajar kode html. Ini sama saja tidak mau berusaha dan menginginkan apa-apa instan. Uang untuk membeli template premium bisa digunakan untuk hal lainnya. Aku berpikir kalau aku pasti bisa membuat template blog dengan caraku sendiri. Dan aku masih nyaris tidak percaya aku akhirnya benar-benar bisa melakukannya. Lama sekali aku habiskan waktu memandangi hasil templateku. 

Semoga nilai mata kuliahku yang mempelajari kode html dan kawan-kawannya bagus karena mengedit template blog ini sudah terasa seperti ujian bagiku. 

Dan dari sini, dengan resmi aku ingin mengumumkan kalau aku akan menggunakan blogku berplatform Blogspot ini. Aku akan menghapus blog Wordpress dan akan mulai menulis di blog ini lagi. 

Terima kasih sudah membaca. 

You May Also Like

0 comments