TIPS DAN TRIK MAKAN DI RESTORAN SHABU-SHABU

by - August 09, 2020

Sumber: Pinterest

Halo, mumpung masih fresh dalam ingatan beberapa waktu lalu makan di restoran shabu-shabu, aku memutuskan untuk menuliskan tips dan trik yang kupelajari dari hasil pengamatanku. Ditambah ada dua orang yang pengin topik ini untuk dibahas, akhirnya kuputuskan untuk menuliskannya di blog alih-alih Tumblr. Kupikir, kenapa gak? Karena menurutku untuk newbie rasanya akan agak kebingungan makan di restoran shabu-shabu, apalagi jika metode yang diterapkan adalah All You Can Eat (AYCE).

Sebelumnya aku pernah makan ke tempat makan yang bertema bakar-bakaran atau yakiniku atau bbq tapi belum pernah yang bertipe AYCE. Jadi, paling gak, aku bisa kasih sedikit tips dan trik yang bisa diterapkan ketika kalian mengunjungi restoran shabu-shabu AYCE agar gak kalap, ambil semua, kekenyangan, dan gak bisa menandaskan semua makanan di piring atau meja kalian. Rasanya sayang banget kan kalau sampai masih menyisakan makanan tapi perut sudah gak bisa menampung beban lebih banyak lagi. Hahaha.

Sebenarnya, tipsnya cuma satu: ambil secukupnya. Ya, kalian gak salah baca. Kita pasti juga sudah tahu ini, kan. Ambil makanan secukupnya saja. Makan sebelum kenyang, yang artiannya mungkin bisa juga makanlah sebelum sampai kekenyangan atau terlalu kenyang. Aku yakin kita sudah tahu informasi ini. Hanya saja gak sadar. Iya, gak?

Pertanyaannya adalah bagaimana? Bagaimana mengambil makanan yang secukupnya? Apa takarannya?

Kembali lagi, sesuai kondisi masing-masing. Kondisi per tubuh bisa memuat makanan beda-beda, kan, ya. Tapi aku merasa sebaiknya kalian ambil makanan sedikit-sedikit. Sebagai contoh, aku akan mereferensikan restoran Shabu Hachi yang aku datangi waktu lalu dan dari situlah aku menemukan tips dan trik bagaimana menikmati makanan shabu-shabu

Sebelumnya aku dengar dari temanku yang pernah makan di situ, jika sampai kalian gak bisa menghabiskan makanan di piring kalian, maka kalian akan dikenakan denda 50,000 IDR/piring. Sedangkan aku dua kali ke sana namun selalu datang berombongan, gak pernah ada wanti-wanti terkait denda. Entah bisa beda lagi mungkin aturannya jika makan dengan jumlah sedikit kepala dengan banyak kepala. CMIIW, ya. Bisa jadi ini juga diterapkan di restoran AYCE lainnya.

Tapi poinnya bukan di situ. Misi kita adalah bagaimana kita bisa menikmati makanan shabu-shabu sepuasnya tanpa menyisakan apa pun.

Saat pertama kali tiba, kalian akan ditawari kuah sop oleh pelayan restoran. Kalau bingung, tanya saja sesuai selera kalian. Apakah selera kalian adalah yang berkuah manis, gurih, asin, atau asam. Gak usah malu bertanya, daripada nanti gak bisa menikmati makanan sesuai selera kalian, ya. Pertama kali ke sana aku gak menanyakan itu. Aku asal pilih dan ternyata kuahnya gak sesuai seleraku. Aku merasa gak berkesan dengan kunjungan pertama. Tapi di kunjungan kedua, aku bertanya sesuai seleraku yakni manis-gurih. Kuah yang datang sesuai ekspektasi banget. Dan aku bisa menikmati makananku. 

Langkah kedua adalah, datangi bagian bumbu-bumbu. Beda restoran mungkin akan beda. Bisa jadi bagian ini ada atau gak ada. Kalau ada, kalian mungkin bisa ambil potongan-potongan cabai (jika suka pedas), potongan daun bawang, potongan bawang putih, cuka, saos Jepang, dan lain-lain. Kembali lagi, sesuaikan dengan selera. Kali pertama, aku nyaris ambil semua bumbu dan nyaris mencampurkan semua di kuahku. Oh, it's a big no. Rasanya untungnya waktu itu masih bisa kunikmati walau harus kuakui bukan yang terbaik. Kali kedua aku ke sana, aku hanya mengambil potongan cabai, potongan bawang putih, dan daun bawang karena aku tahu apa yang kumau dan cocok dengan seleraku. Udah, deh, gak usah neko-neko. Misi kita adalah menikmati makanan kita dengan khidmat. 

Selanjutnya, kalian bisa menghampiri bagian sayur-sayur dan isian sop. Ada berbagai macam sayuran, stik kepiting, bakso ikan, tofu, telur, dan lain-lain. Ambil secukupnya. Untuk bakso ikan, stik kepiting, dan sebagainya, aku sarankan kalian ambil 2-4 potong saja dulu. Kalau kurang baru nambah. Karena item yang dipajang itu beraneka ragam, kalau ingin ambil mencicipi semua item, coba ambil satu potong saja dulu. Kalian gak akan nyangka satu mangkok berisi kuah dan beberapa item yang sudah masak saja sudah cukup mengisi perut kalian, lho. Dari panci sop, kalian bisa dapat 3-4 mangkok. Ini sudah cukup mengenyangkan. Hati-hati. Jangan terlalu banyak makan sop terlebih dahulu. Nanti makanan yakinikunya gak kesentuh merata, kalian gak bisa menikmati dengan khidmat. Jadi usahakan untuk tetap seimbang.

Terus setelah ini adalah bagian serunya. Item bakar-bakaran. Nah, di sini kalian bisa ambil minimal 3-5 piring dulu. Kalau memang perut kalian masih cukup, baru balik dan ambil lagi. Kombinasi mangkok sop dan bakar-bakaran ini sudah cukup mengenyangkan, lho. Sungguhan. Aku gak tahu dengan kondisi lambung kalian, tapi bagi lambungku, iya ini sudah cukup mengenyangkan.

Jangan buru-buru kenyangin di sop dan bakar-bakaran. Karena masih ada side dish. Jangan lupain ini. Jangan lupain juga, kalian bayar mahal untuk bisa makan semua yang disediakan di restoran. Coba semua dengan porsi kecil/sedikit dulu. Side dish yang disediakan ada buah-buahan, ada chicken pop, beberapa gorengan dengan tepung. Ada pula es krim, yoghurt, dan salad. Semuanya seru untuk dicicipi kalau kalian bisa kontrol gak ambil terlalu banyak makanan di bakar-bakaran dan isian sop. Semua akan terasa nikmat.

Oh, ya, jangan lupakan juga minumannya. Bisa jadi berbeda-beda, ya. Namun di Shabu Hachi disediakan beberapa macam minuman, dari yang ringan seperti air mineral dan infused water, kopi, teh, matcha, thai tea, hingga soda. 

Cukup lengkap, kan? Plusnya lagi Shabu Hachi sudah halal MUI, jadi makan di sana sudah tenang. Eh, kok, jadi promosi Shabu Hachi. Tapi menurutku layak dicoba, kok, makan di sini. Menyenangkan jika kita tahu cara menikmatinya. :)

Jadi, itu dia beberapa tips dan trik yang bisa aku share dari hasil pengalaman dan pengamatanku. Kali kedua aku ke restoran shabu-shabu berteme AYCE benar-benar berkesan. Rasa daging bakar-bakarannya terngiang-ngiang selama beberapa hari di lidah dan pikiranku, haha lebai. 

Semoga  postingan ini bermanfaat untuk kalian newbie atau siapa pun yang kebetulan membaca ini yang ingin makan di tempat makan shabu-shabu. Gak perlu malu karena gak tahu apa-apa dan merasa buta lagi, deh. 

You May Also Like

0 comments