SURAT UNTUK KROASIA

by - December 08, 2015

Hai, Kroasia. Bagaimana kabarmu akhir-akhir ini? Ini pertama kalinya aku menulis tentangmu. Kupikir ini bukan ide yang buruk. Dan kuharap kau menyukainya. Cerita ini tentang bagaimana aku mengenalmu.  Mungkin aku mendengarmu pertama kali di kelas 6 di pelajaran IPS. Aku juga sempat mendengarmu saat menonton film Vertigo. Tapi aku tidak menyangka akan mendengarmu lebih jauh saat ada seseorang yang mengatakan kalau dirinya berasal dari negaramu. 



Sebut saja aku sedikit gila dan aneh tapi aku langsung ingin mengenalmu lebih jauh, Kroasia. Aku begitu takjub dengan apa yang kau miliki. Aku bisa bertahan lama berselancar di internet untuk mengenalmu lebih dekat lagi. Tak jarang aku mengamatimu dari atas. Aku tidak peduli itu sedikit menguras celenganku. Sungguh, kau memiliki negara yang sangat indah dan sarat akan sejarah. Aku selalu suka hal yang beraroma kuno. Aku melihat bangunan bersejarah sebagai suatu mahakarya yang harus dijaga. Aku juga bertanya padanya--seseorang yang telah menyebut namamu, maksudku--tentang masakan kesukaanmu, budaya yang kau miliki, dan tentu saja, bahasa yang kau gunakan setiap hari. 

Walaupun saat ini kemampuan bahasa Kroasiaku hanya sebatas ždravo dan hvala dan sedikit kosakata darinya, aku akan sangat senang kalau kau mengizinkanku berbicara bahasamu. Yah, dia berkata akan dengan senang hati mengajariku. Hal yang bagus, bukan? Kau harus melihatku berbicara bahasa Kroasia dengan lancar suatu hari nanti. Kau akan menungguku dan membimbingku belajar, bukan? Aku sangat menyukaimu, Kroasia. Kuharap kita segera bertemu lagi, ya. 

****

You May Also Like

0 comments